Pencarian

Custom Search

Entrepreneurship Mahasiswa Bisnis Dari Rumah | Mahasiswa Punya Bisnis | Mahasiswa Jadi Pengusaha

Jiwa entrepreneur bisa dimiliki siapa saja, termasuk mereka yang masih berstatus mahasiswa. Memang tugas seorang mahasiswa sejatinya adalah belajar dengan sungguh-sungguh untuk menuntut ilmu, namun ada juga mahasiswa yang bisa melakukan lebih, yaitu belajar dan juga menjadi seorang pengusaha. Lalu model bisnis seperti apa yang bisa menjadi peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil?

Ada beberapa hal yang mendasari seorang mahasiswa ingin membangun sebuah bisnis, misalnya karna ingin menambah uang saku, ingin membantu orang tuanya, tidak ingin tergantung pada orang tua dalam hal keuangan, dan juga karena keinginan yang besar untuk berbisnis. Apapun alasannya, kegiatan berbisnis yang dilakukan seorang mahasiswa sebaiknya jangan sampai mengganggu kegiatan belajar.

Bagi Anda yang ingin memiliki bisnis sendiri, mungkin bisa mempertimbangkan beberapa peluang usaha untuk mahasiswa dengan modal kecil berikut ini:

1. Menjadi Ghost Writer

Buat Anda yang suka menulis artikel tentang topik tertentu, maka peluang usaha yang satu ini bisa Anda pertimbangkan. Seperti yang kita ketahui, saat ini ada banyak sekali web/ blog yang bertebaran di internet, website-website ini tentunya membutuhkan penulis konten untuk mengembangkan website/ blog mereka. Nah kesempatan ini bisa Anda manfaatkan dengan menawarkan jasa Anda di forum-forum terkenal, misalnya forum Ads-id.com, dan Kaskus.

Selain menawarkan jasa melalui forum-forum terkenal tersebut, kita juga bisa membangun blog sendiri dan menawarkan jasa ghost writer di sana. Untuk tarif menulis artikel biasanya ada standar umum, artikel berbahasa Inggris berbeda tarifnya dengan artikel berbahasa Indonesia. Sebaiknya pelajari dahulu tarif yang sesuai dengan jasa ghost writer yang Anda tawarkan, jangan sampai kemalahan atau terlalu murah.
2. Berbisnis Kuliner di Kampus

Kita tahu bahwa bisnis kuliner selalu dicari oleh masyarakat karena makanan memang kebutuhan pokok manusia. Bisnis kuliner juga bermacam-macam, mulai dari makanan berat/ makanan pokok, makanan camilan, sampai minuman. Pastikan bahwa bisnis kuliner yang dijalankan sesuai dengan selera dan juga sesuai dengan kantong anak mahasiswa.

Tentunya bisnis kuliner yang dijalankan akan lebih mudah dijalankan bila Anda punya kesempatan untuk menyewa konter di kantin kampus. Keuntungan bisnis kuliner ini biasanya lumayan besar dan cepat balik modal, apalagi bila Anda menjalankannya secara kontinu di area kantin kampus.
3. Menjual Jasa Desain

Peluang usaha ini sangat cocok bagi mereka yang punya keterampilan desain, misalnya dengan menggunakan photosop. Jasa desain ini bisa dijual ke mahasiswa lain yang memang membutuhkan jasa Anda, atau bisa juga dijual ke orang lain di luar kampus. Bila Anda menjual jasa desain tersebut ke orang lain di luar kampus, maka cara terbaik untuk promosi jasa Anda bisa dilakukan secara online melalui media sosial, forum, atau blog Anda.

Jasa desain ini bisa dalam bentuk desain logo, desain baju, desain banner, desain rumah, desain taman, dan lain-lain yang sesuai dengan keahlian Anda. Jika Anda ingin menjual jasa tersebut secara online, pastikan Anda memasarkannya dengan sebaik mungkin dengan memperlihatkan beberapa contoh desain terbaik yang pernah Anda buat. Ini akan menarik calon pelanggan untuk mencoba jasa desain yang Anda tawarkan.
4. Jasa Event Organizer

Bisnis ini sangat cocok untuk mereka yang aktif beroganisasi di kampus dan suka berinteraksi dengan orang lain. Biasanya mahasiswa yang aktif di kampus selalu punya peranan dalam kegiatan-kegiatan kepanitiaan di kampus dan mengasah kemampuan mereka di bidang event organizer.

Kegiatan atau event-event penting di kampus sering diadakan dengan sponsorship dengan pihak lain, misalnya acara event musik, bazar, dan lain-lain. Dengan pengalaman yang Anda miliki di organisasi kampus tentunya akan lebih dipercaya untuk mengadakan kegiatan event tersebut. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah dari sponsor yang mau mengeluarkan dana besar untuk promosi produk mereka di kampus Anda.

KATA KUNCI KEYWORDS:
Peluang Kerja sampingan,Bisnis Internet,Internet Marketing,Belajar Bisnis,Belajar Bisnis Internet,Belajar Bisnis Online,Belajar Internet Marketing,Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, franchise Indonesia, bisnis Waralaba, Wirausaha, Pengusaha sukses, Cara Bisnis,Bisnis Online Di Rumah,bisnis online gratis,bisnis sampingan,Entrepreneurship

No comments:

Post a Comment

BELAJAR BISNIS

KATA PENGANTAR

Salam hangat...!! Sobat dan rekan-rekan...!! BLOG INI DOFOLLOW pada Kolom Komentar, Buku Tamu. silakan berkomentar atau tinggalkan sepatah dua patah kata..., isikan url blog atau website dengan benar, dapatkan backlink dari KAMI...Terimakasih atas kunjungan Anda!
MASUKKAN EMAIL ANDA, JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN TULISAN-TULISAN DARI ABE ONLINE LANGSUNG DIKIRIM KE EMAIL ANDA GRATIS

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

free counters