Pencarian

Custom Search

Peluang Usaha Untuk Karyawan Perusahaan

Entrepreneur? Pelajari Sikap, Ciri dan Sifat watak Wirausaha IniMungkin saat ini Anda bekerja di sebuah perusahaan yang cukup bonafit, dan mungkin Anda memiliki posisi strategis di perusahaan itu dengan penghasilan yang cukup besar. Namun, tentunya Anda tidak ingin selamanya bekerja untuk orang lain, Anda pasti ingin memiliki usaha sendiri yang bisa dijalankan saat pensiun dari dunia kantoran.

Hal tersebut adalah cita-cita yang sebenarnya tidak muluk-muluk, karena sebenarnya hampir semua orang ingin memiliki usaha sendiri. Nah bagi Anda yang saat ini berprofesi sebagai pekerja kantoran, mulai dari sekarang ada baiknya mulai mempelajari tentang bisnis yang Anda minati. Temukan peluang usaha sampingan yang bisa Anda kerjakan tanpa harus mengganggu pekerja utama Anda di kantor.

Ada beberapa peluang bisnis sampingan yang dapat dikerjakan oleh karyawan, namun tentunya tidak semua peluang tersebut akan cocok bagi Anda. Dalam artikel ini penulis ingin mencoba mengulas beberapa peluang usaha sampingan untuk karyawan kantoran. Peluang bisnis ini memang dikerjakan sebagai usaha sampingan, namun bukan tidak mungkin akan menjadi bisnis utama Anda di masa yang akan datang. Berikut ini ulasannya.

1. Membangun Usaha Sampingan di Internet

Kalau kita perhatikan, bisnis di dunia maya sudah mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Ada banyak sekali orang yang sudah mendapatkan keuntungan dari bisnis mereka di internet. Tentunya peluang bisnis sampingan yang satu ini bisa juga dimanfaatkan oleh para karyawan kantoran, terutama mereka yang memiliki akses internet, baik di kantor dan juga di rumah.

Memang kita harus memiliki pengetahuan yang cukup memadai saat ingin membangun sebuah bisnis sampingan di internet. Ilmu internet marketing (pemasaran online) bisa kita dapatkan dengan mengikuti program belajar internet marketing secara online, atau bisa juga membeli eBook (buku elektronik) yang membahas tentang bisnis online.

Dari pengalaman penulis sendiri ada beberapa peluang usaha sampingan yang dijalankan secara online, diantaranya:

A. Membangun Toko Online

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk membangun sebuah toko online profesional. Salah satu cara termudah dan sangat recommended adalah membangun toko online dengan menggunakan platform WordPress. Memang kita akan membutuhkan modal, tapi modalnya tidak sebesar jika kita menyewa sebuah toko fisik.

Produk yang dijual bisa didapatkan dari supplier lain yang kemudian dijalankan dengan sistem dropship. Anda sebagai pemilik toko online cukup memasarkan saja, untuk proses packing dan pengiriman sudah dikerjakan oleh pihak supplier.

B. Membangun Blog Profesional

Opsi kedua untuk bisnis sampingan secara online adalah membangun sebuah blog profesional sesuai dengan minat dan keahlian yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki minat yang besar pada Gadget yang memang digemari oleh orang banyak. Di dalam blog tersebut Anda bisa membuat konten yang berhubungan dengan gadget, baik itu review produk tertentu ataupun sekedar sharing pengalaman Anda dalam menggunakan gadget.

Tentunya kita harus membangun konten yang bermanfaat bagi orang lain untuk membangun kredibilitas di dunia internet. Bila blog Anda sudah memiliki audiens setia ataupun dari mesin pencari, langkah selanjutnya adalah me-monetize blog tersebut. Biasanya blogger menyukai program PPC Google Adsense untuk me-monetize blog mereka. Namun Anda bisa juga mengikuti program affiliasi, misalnya mempromosikan produk dari Lazada.

2. Membangun Bisnis Sampingan Secara Offline

OK, mungkin bisnis online kurang cocok buat Anda. Lalu peluang usaha seperti apa yang cocok untuk seorang karyawan dan cukup potensial untuk jangka panjang? Bila kita ingin membangun sebuah bisnis, sebaiknya pilihlah bisnis yang bisa memenuhi kebutuhan pokok orang banyak. Bisnis tersebut adalah yang berhubungan dengan makanan dan pakaian.

A. Bisnis Makanan/ Kuliner

Cukup banyak jenis bisnis kuliner yang bisa dikerjakan, namun Anda juga harus mempertimbangkan bahwa bisnis tersebut tidak akan mengganggu pekerjaan utama Anda, setidaknya selama Anda bekerja kantoran. Menurut penulis, bisnis kuliner yang paling cocok adalah bisnis kuliner yang target marketnya unik dan mudah dijalankan, misalnya menjual camilan.

Untuk memulai, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis waralaba kuliner, misalnya bisnis Tahu Jeletot. Memang bisnis ini membutuhkan modal awal yang tidak kecil, selain itu dibutuhkan modal untuk operasional. Namun bila dijalankan dengan benar, bisnis camilan sangat menjanjikan untuk jangka panjang.

B. Bisnis Pakaian

Bisnis pakaian sebenarnya sangat potensial dan sangat menjanjikan untuk usaha jangka panjang. Namun, Anda harus memahami target market yang akan dibidik agar bisnis tersebut dapat berjalan dengan baik dan menguntungkan. Menurut penulis, menjual pakaian anak dan pakaian wanita adalah pilihan yang sangat baik karena kedua target market ini selalu laris manis di pasaran.

Demikianlah beberapa peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh para karyawan kantoran. Ketika memulai bisnis sampingan tersebut, sedikit banyak pasti akan menyita waktu, pikiran, dan tenaga Anda, memang sudah sewajarnya seperti itu. Bila dijalankan dengan sepenuh hati dan dengan kesabaran, tentunya usaha sampingan tersebut akan berkembang, dan bukan tidak mungkin akan menjadi penghasilan utama Anda.


KATA KUNCI KEYWORDS:
Peluang Kerja sampingan,Bisnis Internet,Internet Marketing,Belajar Bisnis,Belajar Bisnis Internet,Belajar Bisnis Online,Belajar Internet Marketing,Informasi Peluang Bisnis, Peluang Usaha, Usaha Kecil Menengah, franchise Indonesia, bisnis Waralaba, Wirausaha, Pengusaha sukses, Cara Bisnis,Bisnis Online Di Rumah,bisnis online gratis,bisnis sampingan,Entrepreneurship,Bisnis sampingan ibu rumah tangga dari rumah,Peluang Kerja sampingan ibu rumah tangga,Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga,Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga 2012,Bisnis sampingan ibu rumah tangga, Wirausaha

No comments:

Post a Comment

BELAJAR BISNIS

KATA PENGANTAR

Salam hangat...!! Sobat dan rekan-rekan...!! BLOG INI DOFOLLOW pada Kolom Komentar, Buku Tamu. silakan berkomentar atau tinggalkan sepatah dua patah kata..., isikan url blog atau website dengan benar, dapatkan backlink dari KAMI...Terimakasih atas kunjungan Anda!
MASUKKAN EMAIL ANDA, JIKA ANDA INGIN MENDAPATKAN TULISAN-TULISAN DARI ABE ONLINE LANGSUNG DIKIRIM KE EMAIL ANDA GRATIS

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

free counters